Wednesday, December 28, 2011

Person of The Year 2011*: Pythagora Yuliana

I wonder what life would have been simpler if I never never met her, Pythagora Yuliana Purwanti. A hysteric best friend. Hehehe... A married woman. Soon to be a mother. Aamiin.


Pertemuan pertama saya dengan Pipit mungkin sedikit absurd. Semester satu, tahun 2006. Dia cerewet banget, bahkan saya yang katanya cerewet sekalipun sempat Pipit adalah orang yang mengajak saya mengobrol dalam bahasa Jawa selama hampir setengah jam. Saya cuma diam, sampai akhirnya dia menanyakan darimana saya berasal. Hahahahahaa... kami tertawa panjang setelah itu. Dia kemudian menawarkan makan pempek bersama. Lama kelamaan berani komplain sama kata ganti "saya" yang sebelumnya saya gunakan.

Perempuan yang memiliki kriteria menantu masa depan, "harus Jawa tulen" ini memang selalu menjejali saya dengan ke-Jawa-annya. Sesekali dia rasis pada suku Sasak (ehem, sedikit masalah pribadi sama seseorang dari suku yang sama ya, Pyt? :p). Saya dan Pipit menjadi akrab karena segudang perbedaan, yep, kami sangaaaaattt berbeda. Kata orang-orang satu-satunya persamaan di antara kami cuma dari segi kehebohan bercerita.

Oleh Pipit saya dicekoki bahwa dunia ini kejam. Sekaligus indah, menantang, dan ada mimpi di sana. Pipit adalah juaranya bagian negative thinking, hihi, bukan dalam artian buruk seluruhnya. Dia sebenarnya selalu mengingatkan saya untuk realistis. Ambil kesempatan yang ada, jangan berharap yang neko-neko (macam-macam). Jawa banget pokoknya. Pipit juga mengajari kalau kita nggak boleh berhenti bersyukur, di titik serendah apapun kita berada. Selalu ada yang harus disyukuri, dan pastinya diperjuangkan.

Hidup saya mungkin akan sangat datar tanpa teman-teman yang beragam. Terutama si realistis yang satu itu, yang menyeimbangkan khayalan saya, untuk balik lagi menapak tanah realitas. Sadar woi sadar! Terima kasih. Saya mau kami menjadi sahabat sampai tua, sampai naik, sampai turun, sampai naik lagi. Sampai roda hidup berhenti berputar. Dan kalau misalnya, sekarang kita agak tidak nyambung karena Pipit baru saja menikah dan sibuk bicara soal suami dan hidup berumah tangga. Percayalah beberapa tahun lagi saya bakal nyambung dan menimpali keluhan-keluhannya.

Semoga tahun 2012, saya bisa punya dan sempat menjenguk si ponakan yang sehat dan lucu nanti.


Pipit di tahun 90'an. Haha. Kiddin'!**


*Selengkapnya tentang Person Of The Year, bisa dibaca di sini.
**Ini Pipit setelah di-make over Mba Esia. Foto: Temennya Mba Esia.

Friday, December 23, 2011

SOLID GROUND


I love Gugun!
I love Jono!
I love "David" Bowie!
I love SOLID GROUND album!
This is by far my favorite Gugun Blues Shelter (or Gugun Power Trio) album.
It has this extremely groovy bluesy music, with intimacy that not many Indonesian bands can serve.
Hehehehe...The "80's look" cover album only made it more interesting.

Have a listen to their latest album, Solid Ground! and... you'll be blessed ;)



Sebenarnya terbilang susah mendapatkan album ini di Indonesia. Grooveyard Records label mereka di US sana emang cuma merilis album ini ke pasar US dan Eropa.

Nah, buat menikmatinya.. rasa penasaran dapat terpuaskan dengan semangat men-download (ahem, secara ilegal) di internet. Tapi respect selanjutnya bisa ditunjukkan dengan memesan album ini ke Gugun Blues Shelter sendiri atau via Amazon.com.
Tak bakal mereview sok tau. Pokoknya selamat mencari track favorit kalian ya!
Kalau favorit saya sudah tentu "VIXEN EYES"! Just make my body can't stop moving!
Mauuuuuutttt!


♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ ♥ 

Selanjutnya, ini yang dinamakan "sudut pamer". Hihihi...

Me, my office mates, and Gugun Blues Shelter. Photo: Agung Perkasa Nugraha

My article about them on Gogirl! Ed 80/September 2011 (click to read)

Photo: Agung Perkasa N.

Wednesday, December 21, 2011

What Makes You Happy Today?

 Things that make me happy today are

...

This Christmas cookie from my new dearest friend, Ardina Setyorini!

Belum sempat dicoba, tapi saya yakin rasanya pasti enak!

This concert poster, woooaaaaaaaaaaaaaa!!


  
Just found my old favorite Christmas picture. Me with (Alm.) Finni and Roby Rahmawan. Taken from 2007's Christmas. 



That's mine. So, what's yours?

Monday, December 19, 2011

2011 Season

525,600 minutes, 525,000 moments so dear. 525,600 minutes
How do you measure, measure a year?
In daylights, in sunsets, in midnights, in cups of coffee.
In inches, in miles, in laughter, in strife. In 525,600 minutes
How do you, measure a year in the life?
How about love? How about love? How about love?
Measure in love.
Seasons of love.

Seasons of Love - Rent Cast

Saya mungkin terlambat memfavoritkan lirik di atas, jujur saya bahkan belum sempat menonton film musikal yang diangkat dari drama Broadway itu. Saking memerindingkannya lagu ini, saya suka merem-merem sambil membayangkan apa saja yang saya lakukan setahun ini.

Ah... Satu hal yang saklek. Nggak mungkin saya bisa berhenti bersyukur. Nikmat-Nya itu nggak pernah bisa diukur. Kalau hitungannya uang, mungkin nggak seberapa dan cuma sepersekian dari pencapaian teman-teman saya yang lain. Kalau diukur sama kegiatan paling seru selama ini, mungkin masih lebih seru kegiatan para pengajar muda-nya Indonesia Mengajar mungkin ya.

Mulai dari wisuda, pengalaman kerja pertama kali dengan majalah idola, pengalaman patah hati sama orang yang benar-benar disayangi (ciaelaaahh..uhuhuk), operasi ngeluarin si tumor jinak,wuiiihhh, nggak terhitung deh hari-hari penuh hal-hal mendebarkan itu. Berharga banget. Not actually for favorites but still awesome! Tahun ini nilainya 75 dari 100! Hihihi... masih jauh dari ideal, tapi lumayan buat ukuran orang yang belum tau punya mimpi apa, kan? =P

What are my dreams? What do they mean?

Entah, masih absurd sebenarnya.

Saya bahkan nggak tau tahun 2012 besok bakal berjalan seperti apa, tapi yang saya janji tahun depan jelas harus berbeda excitement-nya.

:)



The cast of "Rent" performing "Seasons of Love"

Thursday, November 24, 2011

The A Team

Eitsss... Kalau dipikir saya bakal nulis tentang geng Bradley Cooper, Liam Neeson, cs. Anda salah salah salah... salaaaaaaah BESAR.

Bradley: So, you will not talk about us? | Me: Yes, move out guys! Sayonaraaaa ;)

My crush is falling for another "The A Team", a beautiful-breathtaking song about a heroin-addicted prostitute by Ed Sheeran (19 y.o. English singer). Belum puas si Ed "memporak-porandakan" hati dan telinga ini. Saya jadi tau juga kalau ada penyanyi umur 15 tahun berkemampuan piano yang super, yang menyanyikan ulang lagu ini, Birdy. Birdy menyanyikannya dengan luar biasa keren, suaranya bak malaikat yang bakal menarik jiwa,*going to much, Nad? -_____-*


Here is the original "The A Team", sing by Ed Sheeran.


Ed Sheeran, does his face look like Rupert Grint's? hihihi

His "+" album


And.. here is "The A Team" beautiful cover version, sing by Birdy


Birdy's face is classic!

Her self-titled album


Dan ternyata.. Ed Sheeran juga "membalas" dengan menyanyikan ulang "Skinny Love" (Bon Iver's song) yang pernah dinyanyikan sama Birdy. Sweet! Ah... both of you should be a cute couple, guys ❤ :p (seenaknya) Hahahahahahahaha

Monday, November 21, 2011

ROOKIE

A lot of good news today! Alhamdulillah.

First, there is a shocking news about Foster The People will be performing in Indonesia. The invitation for the press conference is just arrived safely. Foster The People Live In Indonesia 2012. WOAAAAAA!! Biarpun kabar konser di Januari nanti ini belum jelas tanggalnya, tapi tetap aja email barusan bikin saya lonjak-lonjak kegirangan! Exciting! Let me hope they're right. Because this is going to be huge!



Dang! What a surprise surprise! 

And I just find this web magazine...


www.rookiemag.com


Majalah online ini digagas sama blogger Tavi Gevinson yang udah lebih dulu sukses sama blog pribadinya, The Style Rookie. I find this online magazine called Rookie randomly when I searching for magazine theme on Google. Tavi is now the boss, dia punya kontributor dari teman plus pembaca-pembacanya yang loyal banget itu. Isinya juga beragam banget, dari fashion, pertanyaan-pertanyaan aneh, make up tutorial, sampai isu sensitif kayak sex. Tema-tema dari majalah yang resmi di-launch September kemarin ini persis seperti Tavi: bold, brave, 70's and rookie!

I was in a sucky mood but this made me laugh. Such a strange-but-great feeling I have after reading it.









 

Wednesday, November 16, 2011

Para-para-paradise

When she was just a girl
She expected the world
But it flew away from her reach
So she ran away in her sleep
Dreamed of para- para- paradise
Para- para- paradise
Para- para- paradise
Every time she closed her eyes
Paradise - Coldplay

Belum ada yang bisa menggeser album Mylo Xyloto (2011) milik Coldplay ini dari playlist saya selama bekerja, especially for this one: Paradise and its music video!



Lagu ini awalnya bukan jagoan saya di album itu, karena "Every Teardrop is A Waterfall" saja sudah keren banget. Masa ada yang lebih keren lagi dari itu? Dan ternyata ada! Paradise ini punya music video yang (seperti semua video Coldplay yang selalu dibuat dengan totalitas) menyenangkan mata dan hati. 

I feel happy every time I watch it! :) Sebegitu senangnya ya seekor gajah yang lepas dari kebun binatang bertualang sampai Afrika dan ketemu teman-teman gajahnya yang lain. Terus malah nge-band! Mwahahahaha! That's why I call it as a weirdly cool music video. Featuring Chris Martin dressed in an elephant suit. Hihihi... That's super cute. And a lot of this video was filmed in South Africa,  termasuk termasuk potongan video konser mereka yang juga diadakan di Johanesburg (tetap berkostum gajah). But most of all... it is interesting and will have you thinking. Lama-lama saya seperti ikut terbang ke alam mimpi, ikut mikir, ikut galau soal memimpikan dan mengejar paradise versi saya.

Jleb...

Thursday, November 10, 2011

Team Adorable

Edith, Agnes, and Margo waiting for the dance class (Despicable Me)

Random baby  picture I just found in: laughbook.tumblr.com. He/She is absolutely ultra adorable!

From Twitter: Taylor Swift with her new bestfriend, Meredith. A Scottish Fold kitten.

Harper Seven Beckham looks impressed by the action on the football pitch. Too adorable! ***

Video for The Way I Am by Ingrid Michaelson (Fan version)

Out of the topic: It's me in Cekidot (free magazine in Jogja) 69th edition, for my opinion about "nerd" trend. So zzz. Hihihi..

Saturday, November 5, 2011

HA!



We don't have to suffer for fashion!

Anything that looks good on us is an OK!!


Tuesday, November 1, 2011

Once Upon A Time at LIR

LIR for Gogirl! October Edition

LIR Shop adalah sebuah rumah di Yogyakarta, tempat berbaurnya realita dan fiksi. Tempat yang agak memencil (sedikit). Tapi tetap merupakan tempat yang superrrr nyaman. Langsung hilang lah stress segala macem kalau liat lingkungan sekitarnya yang tenang. Kontras sama keseharian saya yang sering gemas dengan si bising kota Jakarta.

Pemiliknya, Mira Asriningtyas (Mbak Miy), pernah jadi narasumber saya di majalah Gogirl! edisi Oktober. Waktu itu temanya memang tentang kuliner, khusus buat rubrik reality-nya bikin feature soal pengusaha restoran/cafe yang usianya masih sekitar 25 tahun ke bawah. Wuih! Mengerjakan edisi Oktober ternyata super menyenangkan karena narasumber-narasumber yang seru itu.Saya jadi banyak mendengar cerita inspiratif, khususnya tentang LIR-nya yang berhasil diwujudkan dari passion Mbak Miy. 

Terima kasih sekaliiii Mba Miy...

Penasaran akhirnya membawa saya dan Alfi singgah ke sana.



 



Such a simple and homey place. Love it :)



Emm, and suddenly I found my new favorite song. Go check this Jack Johnson's song out, the famous one.



It's a very wonderful song, I would love this to be one of my wedding songs! :*



Friday, October 14, 2011

Happy Wedding :)

Semoga menjadi keluarga yang keren, sakinah mawaddah warohmah, dikaruniai anak-anak yang sehat, rejeki yang ngalir bagai keran bocor, plus berguna bagi nusa dan bangsa!




AAAAAAAAAAAAAA
Doakan...
Semoga saya bisa mampir ke resepsi pernikahan Pipitha dan Bayu, ya.. 
Kalaupun ada halangan atau nggak sempat karena sesuatu dan lain hal, mohon maaf lahir dan batin..

Tuesday, October 11, 2011

Back in Business!

Sekian hari mendekam di rumah dan beristirahat pasca operasi. Selasa ini sudah malam ketiga saya menjalani rutinitas sebagai The Jakartans. Kangen juga sih sebenernya. Hehe.. :)

Okelah, Senin boleh terkaget-kaget karena deadline langsung numpuk 'segunung'. Selasa mulai adaptasi. Dan besok, Rabu adalah hari 'ngebut' nasional! Nggak ada santai-santai lagi sampai semua tuntas di awal minggu depan. 

Mari 'ngebut' dengan bijak!


semoga lancar begini ya perjalanan seminggu ini :p

Wednesday, October 5, 2011

Berat di Nama

Orang bilang apalah arti sebuah nama. Ya, saya juga berpikir begitu, sangat-sangat setuju. Nama bagi saya bukan hal yang spesial, saya merasa tidak pernah komplain atau tanya berlebihan kenapa saya diberi nama seperti sekarang. Hmm, tapi belakangan ada yang mengusik.

Ibu saya, lebih suka menyingkat namanya, kata "Baiq" di depan namanya biasa dia tulis jadi "B." atau bahkan tidak dicantumkan. Buat dia, memasang nama depan berunsur kedaerahan seperti itu membuat dia merasa "sok". Dia jelas lebih nyaman memakai nama tanpa gelarnya.

Sementara saya?

Saya baru mulai menggunakan nama saya lengkap tanpa penyingkatan setelah ada di bangku kuliah. Nama yang dulu membuat saya seperti produk massal (di kelas setidaknya ada 3-4 anak perempuan yang bergelar "Baiq"), jadi suatu pembeda yang kontras waktu saya kuliah. Bisa dibilang satu jurusan sampai seluruh angkatan di Komunikasi UGM, cuma saya yang membawa identitas dedare Sasak (wanita dari suku Sasak, Lombok) itu. Saya merasa bisa dibedakan dengan cara itu, dan saya jadi sangat nyaman memakainya. Tanpa mungkin tahu konsekuensi apa yang saya tanggung dari 'memanggulnya'.

Sampai akhirnya saya jadi malu sendiri. Sekarang saya merasa tidak berguna untuk daerah yang saya usung namanya ini. Saya baru bisa memaki kenapa Bandara Internasional Lombok yang baru saja diresmikan itu, langsung berantakan tak terorganisir seperti itu. Saya mengeluh kenapa di Mataram tidak bakal bisa ada bioskop karena anak mudanya nggak menghargai film. Juga terus gemas kenapa jarang banget ada konser atau gig berkualitas di sini.

Rasanya saya cuma omong besar aja. Belum ada yang bisa saya beri ke daerah saya ini.

Shame on me :(

Makanya kalau ada kalimat "With a great power comes great responsibility," dari si Om Ben Parker. Mungkin bisa berarti with a great name comes great responsibility too, for me. Suatu hari saya bakal memberi sesuatu yang signifikan untuk tanah leluhur ini. Meski hal sekecil apapun. Supaya saya tetap bisa bangga memakai nama asal saya ini, bangga memamerkannya sebagai nama blog dan username di Twitter, hehehe...


Mungkin beberapa tahun lagi akan lancar berbahasa Sasak, mungkin jadi seorang penggagas bioskop alternatif buat anak muda di sini, atau mungkin jadi event organizer festival musik seru di Mataram. Siapa yang tahu soal masa depan, kan? Saya cuma bisa mengamini sendiri dan berusaha dari hal kecil pertama.

Tiang Baiq Nadia Yunarthi, 23 tahun, tiang bangge jari dengan Sasak. Angkak meno, tiang mele berusahe jari dengan saq bergune adeq daerah tiang jari maju secare pikiran. Amin.

Hihihi, do any of you still think my Base Sasak is that bad? :p




Monday, October 3, 2011

Menuju Kebugaran Prima

I miss blogging so much :* 

Dan... Waaaaw, sekitar seminggu lebih saya absen karena operasi si tumor payudara. Alhamdulillah... sekarang saya merasa lebih baik. Tetap saja sih, kalau saya pecicilan dan banyak gerak ibu saya bakal marah besar, "Nanti jaitannya kenapa-kenapa!" atau "Sekarang sih ndak terasa, tapi tetep harus hati-hati itu!" dan lain sebagainya, pokoknya ibu saya adalah si ratu panik.

Berhubung saya masih seminggu ini istirahat di rumah, saya bakal menggunakan waktu yang ada sebaik-baiknya untuk kegiatan yang bermanfaat.  
Yeay for eating, for sleeping, for playing with my lil sister and super yeay for reading the old stuffs

Hihihi, percayalah itu nggak semenyenangkan yang tertulis. Tapi mau nggak mau harus dijalanin dengan senang, demi mencapai KEBUGARAN PRIMA!

Bismillah!


Terima kasih atas jasa makanan rumah sakit, yang hambaaarrrr :|


Para pembunuh bosan, yo!

October edition of British Glamour! One of my favorite magazine

Novel dan komik nemu di lemari

Let's be the big fruit eater!

Fira: I want to play the "ulit" game, Kak! | Me: eh, what game, Dek? hahahaha


Friday, September 23, 2011

Call It What You Want!


3 words: Crazy. About. You.

WAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!

"Just call us if you want," Mark Foster said (imagination) *faint*

Call It A Good Day


Heloooo!

Here it is, another activity that I took in my life recently.


Nice event. We've got so many greaaaaattt messages from Aa Gym. Masih Aa Gym yang sama, yang berubah cuma dia makin jarang nongol di televisi. Nggak semoncer dulu. Tapi selalu bisa membuat orang menangis saat bermuhasabah :)

Agar Allah yang ngurus, miliki hati yang tulus, ibadah yg bagus, hidup yang lurus, ikhtiar yangg serius & tobatlah terus menerus
Aa Gym



Look look! Cuma lewat acara ini saya bisa (beneran) ketemu si sahabat kosan selama di Jogja dulu. Si Hadiati "Tity Marsity" Rahmi. Yang oleh karena dipaksa si Tity ini, saya jadi nggak cuma berakhir pekan di mall. Makasi Tity. I'm sooooo happy :)

Paginya, saya dengan randomnya sempat iseng bikin roti bakar. Maunya sih jadi semacam replika Roti Bakar Madtari Bandung yang kejunya segunung itu. Tapi kenyataannya emang jauuuuhhh sih dari aslinya -___-
Bentuk jelas nggak sama, rasa? Anggaplah sama yaaaa.



Ini dianya replikanya buatannya sayanya hihihi...


Dan... Hehe, ini yang saya pakai untuk bikin roti bakar tersebut:

Tentunya bahan: Roti, keju cheddar, margarine, dan selai blueberry


Alat (1): Kertas HVS bersih buat menjepit roti :p
Alat (2): Tentunya dibutuhkan sebuah setrika sebagai pengganti toaster ;) 



Woohoo! 

Begitulah cerita akhir pekan saya yang agak berkualitas. Ini sudah Jumat lho, besok saya udah balik lagi ke rumah. Ceritanya mau kontak-kontakan sama dokter bedah buat operasi. 

...deg deg deg...


AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!